Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah Pengakuan Pengalaman Kerja dibidang keinsinyuran bagi calon mahasiswa Profesi  Insinyur yang kemudian dikonversikan menjadi mata kuliah yang terakui.    Proses pengakuan pengalaman tersebut di...

Detail
about

Tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah Pengakuan Pengalaman Kerja dibidang keinsinyuran bagi calon mahasiswa Profesi  Insinyur yang kemudian dikonversikan menjadi mata kuliah yang terakui.   

Proses pengakuan pengalaman tersebut dilaksanakan setelah menjadi mahasiswa Program Profesi Insinyur (PPI) UMM oleh Majlis Penilai. 

Jumlah pengakuan pengalaman kerja menjadi mata kuliah sangat tergantung pada bidang pengalaman kerja yang dimiliki, sehingga masing-masing mahasiswa  akan berbeda jumlah SKS yang diakui.

 

Ketentuan Calon Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) : 
PSPPI  menerima mahasiswa melalui RPL dengan ketentuan:
  • Sarjana teknik atau sarjana terapan bidang teknik dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Industri Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan yang telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran pada bidangnya selama lebih dari  2 (dua) tahun. 
  • Sarjana Sains; Sarjana Pendidikan bidang Teknik yang telah mengikuti program penyetaraan dengan sarjana teknik atau sarjana terapan bidang teknik, dan memiliki pengalaman kerja bidang keinsinyuran lebih dari 5 (lima) tahun. 
  • Menyerahkan dokumen portofolio sesuai yang ditetapkan oleh PSPPI UMM.
  • Jumlah sks yang diakui (dinyatakan lulus berdasarkan pembelajaran lampau) dihitung berdasarkan hasil penilaian dokumen portofolio calon mahasiswa oleh tim PSPPI UMM.
Shared:

Tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)